Perbedaan Augmanted Reality VS Virtual Reality | Teknologi

KangocepAugmented reality dan virtual reality adalah sebuah teknologi yang mampu mengubah cara pandang kita dalam melihat segala sesuatu. Memperlihatkan kepada kita visual yang tanpa batas. Dengan dua teknologi ini akan mampu menciptakan sebuah lingkungan virtual baru yang bisa kamu jelajahi sesuka hati tanpa terikat waktu. Untuk menjalankan keduanya, dibutuhkan tambahan software aplikasi dan hardware agar sebuah visual realty maupun augmented reality berfungsi maksimal. Lalu apa sebenarnya perbedaan antara virtual reality dan augmented reality? Berikut ini penjelasan singkatnya.

Apa itu virtual reality ?

contoh virtual reality
Virtual reality

Coba bayangkan kamu berada dipuncak Gunung Merapi. Kamu melihat sekeliling dan takjub dengan keindahan pemandangan disekeliling Gunung Merapi. Kamu berkeingian untuk terjun dari gunung untuk merasakan sensasi adrenalin yang tinggi. Akhirnya kamu terjun dengan bebas. Ketika kamu melihat ke belakang , kamu melihat sepasang sayap di pundakmu yang membantumu tebang untuk memudahkanmu mengitari Gunung Merapi. Tentunya akan sangat mengasikkan.

Nah Itulah hal bisa terjadi jika kamu menggunakan virtual reality. Dengan teknologi yang ada saat ini, kamu bisa merasakan hal tersebut terjadi di dalam runganmu tanpa harus keluar langsung ketempat yang ingin kamu lihat dan rasakan. Yaa.. meskipun pasti akan terasa berbeda antara sensasi nyata dan sensasi virtual. Dengan virtual reality, kamu akan benar benar berada di lingkungan yang dibuat semirip mungkin dengan lingkungan aslinya. Dalam menjalankan virtual reality kamu membutuhkan indra penglihatan dan suara sebagai tambahan imajinasi saat memasuki lingkungan virtual yang baru.

Contoh : Dengan virtual reality, seorang pilot bisa belajar mengendarai pesawat dengan virtual airplane. Dimana di dalamnya terdapat tombol dan fungsi yang sama dengan pesawat aslinya. Contoh lain, seorang tentara militer bisa belajar menembak dan berperang denga simulasi yang dibuat dengan basic virtual reality.

Apa itu augmented reality ?

contoh augmented reality
Augmented reality

Augmented reality lebih kompleks lagi dibandingkan dengan virtual reality. Di dalam augmented reality akan menggabungkan dunia nyata (real world) dengan komputer grafik dan informasi. Dengan augmented reality akan mengubah lingkungan sekitar kita setengah nyata dan setengah digital. Augmented reality biasanya digunakan untuk keperluan pelatihan militer, hiburan dan berbagai macam lainnya.

Kesimpulan

Keduanya sangat menakjubkan dalam memberikan kita pengalaman yang tidak kita dapatkan sebelumnya. Kita bisa berpeindah ke dunia lain yang penuh petualangan dengan Virtual Reality. Selain itu kita juga bisa menjelajahi dunia nyata dengan tambahan informasi digital dengan adanya Augmented Reality. Jadi mana yang lebih kamu sukai ? Berikan pendapatmu dengan menuliskan koment di bawah . 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url