Tips Menghindari Hutang dan Keluar Dari Masalah Keuangan

Tips Menghindari Hutang dan Masalah Keuangan

Tips Menghindari Hutang dan Masalah Keuangan - Pandemi belum berakhir! Kekhawatiran akan munculnya hutang dan masalah keuangan mungkin mulai Sobat rasakan. Apalagi, jika kamu termasuk orang yang lifestylenya tinggi. Bukan Cuma untuk lifestyle, bahkan setiap kegiatan sekarang butuh uang, contohnya Flu sedikit langsung PCR atau swab antigen, belum lagi beragam vitamin dan obat-obatan yang stoknya harus selalu tersedia untuk menaikkan imun dan mencegah penularan covid-19. Pengeluaran tak terduga pun tidak dapat dihindari! Akibatnya, kamu mulai merasa stres, hingga kondisi fisik dan mental menurun. Nah, untuk menghindari datangnya masalah keuangan di masa pandemi, lakukanlah beberapa hal berikut ini!

Buat dan Pertahankan Anggaran

Langkah pertama untuk menghindari masalah hutang keuangan adalah membuat dan memelihara anggaran. Ini tidak menakutkan seperti kedengarannya, jangan khawatir.

Pertama, buat daftar semua pendapatan bulanan Anda dan juga daftar pengeluaran bulanan Anda. Saat menentukan pendapatan, buat daftar semua sumber termasuk tunjangan, tunjangan anak, pekerjaan sampingan, dll. Dalam menghitung pengeluaran, pastikan untuk memasukkan perumahan, makanan, transportasi, utilitas, hiburan, dll. Untuk mendapatkan gambaran akurat tentang pengeluaran aktual, duduklah masing-masing malam dan catat pengeluaran, pastikan untuk menyimpan kwitansi. Tentukan apakah pendapatan Anda menutupi semua pengeluaran Anda. Jika jawabannya tidak, maka beberapa pengeluaran perlu dikurangi.

Baca Juga : Rental Mobil Sukabumi Terbaru Tahun 2022, Update Harga Serta Armada

Sesuaikan pengeluaran. Jika perbedaan kecil, itu mungkin berarti mengurangi beberapa pengeluaran kecil seperti hiburan atau paket telepon seluler. Jika defisit lebih besar, Anda mungkin perlu mengurangi kendaraan atau pengaturan tempat tinggal Anda. Jika penghasilan Anda menutupi semua pengeluaran Anda, Anda mungkin masih ingin memangkas beberapa kelebihan lemak dari kebiasaan belanja Anda. Ini dapat membebaskan uang ekstra untuk hal-hal seperti liburan atau dana kuliah untuk anak-anak Anda.

      

Selain itu, pertimbangkan apakah Anda perlu menambahkan kategori baru. Beberapa bidang yang sering diabaikan adalah pengurangan utang, dana tabungan darurat, dan tabungan pensiun. Dana darurat memastikan tersedianya jumlah yang cukup untuk menutupi kejadian tak terduga (darurat mobil, dll), jika terjadi. Ini akan menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan kredit yang dapat dengan cepat merusak anggaran Anda.

      

Ada beberapa keuntungan untuk tetap berpegang pada anggaran Anda. Pertama, kebanyakan orang telah menetapkan tujuan keuangan yang ingin mereka capai di masa depan. Kadang-kadang mungkin perjalanan, mobil baru, atau pendidikan tinggi. Anggaran dapat membantu orang menghemat uang untuk mewujudkan tujuan ini. Selain itu, banyak orang tertindas di bawah utang konsumen yang berat. Tanpa pola pengeluaran yang disiplin, hampir tidak mungkin membuat banyak kemajuan dalam mengurangi utang. Anggaran pribadi akan menyediakan kerangka kerja yang diperlukan untuk mulai menghilangkan saldo akun yang membengkak ini.

      

Jika dijalankan dengan benar, anggaran akan memungkinkan seseorang untuk secara bersamaan memenuhi pengeluaran mereka, menempatkan uang ke dalam tabungan, dan membayar kembali hutang yang belum dibayar. Oleh karena itu, adalah kepentingan terbaik siapa pun untuk membuat dan menerapkan anggaran.

Tips Menghindari Hutang dan Keluar Dari Masalah Keuangan


Kurangi Pengeluaran

Pada awalnya mungkin tampak sulit untuk membatasi pengeluaran dan tetap berpegang pada anggaran, namun ada beberapa perubahan praktis yang dapat Anda lakukan setiap hari yang akan memotong pengeluaran Anda lebih dari yang Anda harapkan.

 

Pertama, mengubah perilaku kredit mobil. Mulailah membayar tunai bila memungkinkan. Ini akan membantu Anda menghindari melakukan pembelian kecuali Anda benar-benar memiliki uang yang tersedia. Jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian kartu kredit, bersiaplah untuk melunasi saldo bulanan. Ini akan menghemat banyak uang dengan menghindari biaya bunga. Jika Anda sudah memiliki saldo kartu kredit, maka transfer ke kartu dengan bunga rendah. Juga, temukan kartu yang tidak membebankan biaya tahunan.

      

Tip lainnya adalah mengemas makan siang Anda setiap hari. Semua jam makan siang yang dihabiskan di restoran akan bertambah. Membawa makan siang Anda sendiri dapat menghemat beberapa dolar setiap hari, yang akan bertambah seiring waktu.

Baca Juga : Waspada : Inilah Resiko Terburuk Memakai Artikel Spinner untuk blog

Gunakan ponsel Anda di luar jam sibuk. Beberapa orang akan menghabiskan beberapa ratus dolar sebulan untuk biaya telepon. Hindari ini dengan melakukan sebagian besar panggilan selama waktu tidak sibuk. Periksa dengan layanan Anda dan rencanakan untuk mencari tahu kapan Anda memiliki panggilan yang lebih murah atau tidak terbatas.

      

Berhentilah membuang koran Minggu sebelum membaca sekilas iklan. Klip beberapa kupon itu dan lihat penjualannya. Ini mungkin tampak membosankan, tetapi penghematan sering kali sepadan. Banyak toko akan menggandakan atau melipatgandakan jumlah kupon. Teknik ini dapat menghemat hingga 20 atau 30 dolar setiap kali Anda pergi ke toko makanan.

      

Selain itu, pembiayaan kembali. Tingkat hipotek telah sangat rendah selama setahun terakhir. Ini telah menjadi kesempatan besar untuk mengurangi pembayaran rumah bulanan secara signifikan. Jika Anda berencana untuk melunasi rumah Anda sebelum pensiun, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkannya sebelum membiayai kembali.

Baca Juga : Cara Mudah Reset Epson L3110 Ketika Mengalami Masalah

Terakhir, bundel asuransi Anda. Banyak perusahaan asuransi akan menawarkan harga yang lebih rendah kepada pelanggan mereka jika mereka membeli beberapa polis. Misalnya, beberapa orang menggunakan agen yang sama untuk beberapa mobil, dan yang lain menggabungkan mobil dan rumah mereka. Ingatlah selalu bahwa satu dolar di sana-sini benar-benar mulai bertambah. Hindari godaan berpikir bahwa mengubah kebiasaan belanja Anda tidak akan menghemat banyak uang.

Mulai Menyimpan!

Jadi, Anda dibebani dengan tagihan yang harus dibayar setiap bulan dan bertanya-tanya bagaimana Anda dapat memulai rekening tabungan untuk keadaan darurat dan upaya berbiaya tinggi lainnya. Dengan kata lain, di mana Anda dapat menemukan uang ekstra untuk disimpan nanti?

Pertama, saat mengonfigurasi anggaran Anda, rencanakan tabungan Anda terlebih dahulu. Anda akan bertambah kaya setiap bulan jika Anda mulai membayar diri sendiri terlebih dahulu. Sebelum membayar tagihan apa pun, putuskan jumlah tertentu yang akan Anda bayar sendiri terlebih dahulu—mungkin lima atau sepuluh persen—atau apa pun yang Anda putuskan—dari gaji Anda. Kemudian, setorkan jumlah tersebut ke rekening tabungan sebelum membayar tagihan apa pun.

Ketika Anda melakukan ini di awal bulan, seluruh gaji Anda tidak akan tiba-tiba lolos begitu saja. Jika Anda menunggu sampai akhir bulan, mungkin tidak ada yang tersisa untuk disimpan. Membayar diri sendiri terlebih dahulu akan memberi Anda cara sistematis untuk membuat uang Anda tumbuh. Terlepas dari profesi atau penghasilan Anda, sistem ini akan bekerja jika Anda menaatinya.

Teknik lain yang dapat Anda coba untuk menghemat uang adalah dengan mengosongkan uang receh Anda ke dalam kaleng kopi atau toples setiap hari. Di akhir bulan, gulung koin dan masukkan ke rekening tabungan Anda. Anda mungkin dapat menghemat 30 atau 40 dolar setiap bulan hanya dengan uang receh Anda.

Ingatlah bahwa pengelolaan uang yang baik lebih dari sekadar rumus matematika. Itu terlalu erat dengan pasang surut kehidupan untuk menjadi seperti itu. Rencana pengelolaan uang Anda selalu dapat berubah jika situasi hidup Anda berubah. Tujuan dari anggaran yang baik adalah untuk membuat uang Anda pergi terjauh dalam membantu Anda mencapai tujuan Anda, itu tidak ada untuk memaksa Anda untuk mematuhi aturan.

Jangan berkecil hati jika rencana anggaran tidak langsung bekerja dengan sempurna. Ini mungkin melibatkan beberapa revisi dan pengeditan sampai sesuai dengan kebutuhan Anda. Kemudian, pastikan untuk sering meninjaunya, dan pastikan itu memanfaatkan setiap sen dengan sebaik-baiknya! Karena kami tahu betapa bermanfaatnya uang receh itu!

Hindari Pengeluaran Jebakan!

Dengan segala kelebihan yang terlihat dari personal budgeting, maka tidak heran jika semakin banyak orang yang mengandalkannya untuk mengurangi hutang dan menambah tabungannya. Namun, semua 'budgeter' perlu berhati-hati untuk menghindari beberapa perangkap umum yang sering muncul.

Kartu kredit mungkin tampak seperti potongan plastik kecil, namun dapat menyebabkan banyak masalah bagi pemiliknya. Adalah umum bagi orang untuk melakukan pembelian yang tidak bijaksana, yang seharusnya mereka hindari jika tidak, karena mereka memiliki kartu kredit di dompet mereka. Solusi terbaik bagi banyak orang adalah dengan menyingkirkan kartu kredit dan mulai membayar hanya dengan uang tunai, cek, atau kartu debit. Anda mungkin ingin menyimpan satu kartu untuk keadaan darurat, tetapi mungkin yang terbaik adalah menyimpannya di luar jangkauan, dan jauh dari dompet Anda.

Masalah lain dengan penganggaran adalah ketidaksabaran. Ada tujuan keuangan yang ditetapkan, tetapi orang tidak memiliki kesabaran untuk menyelesaikan program tabungan. Misalnya, seseorang mulai menyisihkan uang untuk membeli mobil baru; Namun, setelah beberapa bulan mereka menemukan mobil impian mereka. Daripada menunggu, mereka melakukan pembelian. Ini dapat menimbulkan beberapa tekanan keuangan yang serius. Disiplin adalah suatu keharusan untuk mencegah ketidaksabaran dari melanggar anggaran Anda.

Begitu seseorang membuat anggaran, mereka sering gagal menyesuaikannya saat diperlukan. Anggaran dibuat menggunakan serangkaian pengeluaran dan angka pendapatan yang dapat berubah. Karena angka-angka ini memang berubah, penting agar anggaran berubah untuk mencerminkan penyesuaian. Mungkin ada beberapa defisit besar jika ini tidak dilakukan dengan tepat dan segera.

Tentu saja tidak ada yang melupakan Natal atau Hanukkah, namun banyak orang tidak mempertimbangkan penganggaran untuk liburan saat membuat anggaran. Oleh karena itu, dana yang cukup belum disisihkan untuk hadiah, makanan, pesta, dll. Barang-barang ini harus diperhitungkan dan disimpan sepanjang tahun.

Akhirnya, banyak orang memperhitungkan transportasi dan akomodasi untuk liburan dalam anggaran mereka, namun mereka meremehkan uang yang dibutuhkan untuk makanan, hiburan, dan uang belanja. Perlu diingat bahwa semua resor dan area turis berlipat ganda atau tiga kali lipat dari yang biasanya Anda bayar.

Dengan sedikit perencanaan, Anda akan menghemat lebih banyak uang daripada yang pernah Anda bayangkan!

Membuat Perubahan Dalam Produk

Salah satu cara yang paling jelas dan mudah untuk menghemat uang ekstra adalah dengan mengubah beberapa cara Anda menggunakan produk dan barang dalam kehidupan sehari-hari Anda. Kuncinya adalah membuat perubahan kecil.

Misalnya, selalu beli sabun tangan termurah yang bisa Anda temukan. Kualitasnya tidak selalu naik dengan harga dan Anda dapat menggunakannya sebagai pengganti 'sabun mandi.'

Selalu gunakan seluruh produk. Balikkan botol dan tiriskan untuk mendapatkan bagian terakhir darinya. Robek karung gula dan tepung untuk mendapatkan semuanya; peras atau potong tabung terbuka untuk menggunakan semuanya sebelum kehabisan untuk membeli lebih banyak. Anda akan terkejut melihat berapa banyak yang tersisa!

Juga, jangan pernah menggunakan lebih dari yang Anda butuhkan. Hanya karena di kemasannya tertulis bahwa Anda membutuhkan secangkir penuh, bukan berarti Anda benar-benar membutuhkannya. Setengah takaran deterjen cucian dan setengah sendok teh sabun cuci piring adalah contoh dari apa yang biasanya cukup, daripada apa yang dikatakan pabrikan.

Untuk menghemat uang, Anda dapat menggunakan beberapa barang di rumah Anda dengan cara yang unik. Alih-alih menghabiskan banyak uang untuk pembersih lantai mewah, coba gunakan amonia. Ini bekerja dengan baik, dan Anda dapat menggunakan air biasa di antara waktu. Jika furnitur Anda perlu dipoles, campur cuka putih dan minyak sayur dalam jumlah yang sama dan gosokkan pada furnitur. Buff dengan kain sampai bersinar.

Untuk tas freezer, gunakan tas chip kosong dan tutup dengan keran penutup. Coba juga mangkuk dengan penutup, seperti bak margarin.

Jika kulit Anda terasa sedikit kering, ada beberapa pengganti losion mahal. Petroleum jelly dioleskan ke tangan pada malam hari setelah berendam air hangat, mayones (bilas dengan air dingin setelahnya), atau makanan berbahan dasar minyak lainnya. Pastikan untuk memakainya segera setelah tangan Anda berada di dalam air.

Untuk menghemat uang untuk cucian, larutkan sabun cuci tangan dalam air untuk menggantikan deterjen cucian. Tambahkan tiga galon air panas, aduk rata dan tambahkan secangkir soda cuci.

Tentu, ini adalah perubahan kecil, tetapi jika ditambahkan, mereka dapat memasukkan beberapa perubahan ekstra ke dalam saku Anda sepanjang tahun!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url